Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sejumlah perwakilan negara peserta Asian Music Games telah tiba di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang menjadi tuan rumah kejuaraan marching band tingkat internasional tersebut.

"Alhamdulillah sejumlah negara sudah hadir di Jember untuk bersiap mengikuti Asian Music Games," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jember Edy Budi Susilo di Jember, Rabu.

Menurutnya, beberapa negara yang sudah datang yakni China, Jepang, Vietnam, Maldives, Malaysia, Philipina, Taiwan, dan Thailand, serta perwakilan dari beberapa daerah di Indonesia yakni Sumatera Barat, Bandung, Bali, Yogyakarta, dan Malang.

"Hari ini banyak peserta yang masih dalam perjalanan menuju Kabupaten Jember. Kami pastikan bahwa Pemkab Jember akan memberikan pelayanan terbaik bagi semua peserta Asian Music Games," tuturnya.

Baca juga: 21 negara berpartispasi dalam Asian Music Games di Jember

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah benar-benar menyiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Asian Music Games yang digelar 22-24 September 2023 baik dari segi keamanan maupun kenyamanan dalam menyambut para tamu dari 11 negara tersebut.

Asian Music Games merupakan kegiatan internasional yang pertama kali di Indonesia dan Kabupaten Jember dipilih sebagai tuan rumah sekaligus menjadi perwakilan dari Indonesia bersama beberapa daerah lain menjadi peserta Asian Music Games.

Dalam Asian Music Games, sebanyak 2.033 atlet marching band nasional dan internasional akan hadir di Kabupaten Jember dan diharapkan kegiatan itu dapat berjalan dengan sukses.

Terkait dengan kesiapan peserta marching band dari Jember, Edy mengatakan bahwa kesiapan para atlet Jember yang mengikuti Asian Music Games sudah 100 persen dan siap menyuguhkan penampilan terbaiknya untuk membanggakan Kabupaten Jember.

"Mereka belum lama ini mereka menjadi juara umum cabang olahraga marching band di Porprov 2023 dengan mengoleksi 6 medali emas dan 1 medali perak," ujarnya.

Dalam serangkaian Asian Music Games akan digelar Concert Band dan Individual Contest di GOR PKPSO, kemudian pada 23 September 2023 ada Grand Opening dan Lomba Street Parade, sedangkan Final Asian Music Games  dilangsungkan pada 24 September 2023.

Baca juga: Deretan musisi K-pop dan Barat tampil di Indonesia 2017

Baca juga: Kabupaten Jember jadi tuan rumah Asian Music Games 2023

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023