Beijing (ANTARA) - China telah mengoptimalkan formulir permohonan visa bagi orang asing yang melakukan perjalanan ke negara tersebut, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning pada Rabu.

Dalam konferensi pers, Mao mengatakan bahwa optimalisasi tersebut melibatkan tujuh item utama dan 15 sub-item, yang terutama terkait dengan latar belakang pendidikan pelamar, informasi anggota keluarga, pengalaman perjalanan masa lalu, dan lainnya.

Isi teks formulir permohonan akan sangat dikurangi, katanya, sambil menambahkan bahwa misalnya, cakupan “pengalaman perjalanan masa lalu” dipotong dari lima tahun menjadi satu tahun dan “latar belakang pendidikan” hanya mencakup gelar tertinggi pemohon, dan pemohon akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengisi formulir dan mengharapkan proses permohonan visa yang lebih efisien.

Memperhatikan bahwa versi baru formulir permohonan visa diluncurkan pada 20 September 2023, Mao mengatakan Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi keluar masuknya warga China dan warga asing baik ke China maupun ke luar negeri, sebagai upaya untuk mempromosikan pembangunan dan keterbukaan Tiongkok yang berkualitas.

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023