New York (ANTARA News) - George Karl dari Denver Nuggets mendapat penghargaan sebagai pelatih terbaik NBA pada Rabu, yang merupakan penghargaan pertama sepanjang 25 tahun karirnya.

Karl memimpin Nuggets mencatatkan rekor tim dengan membukukan 57 kemenangan, torehan terbaik di kandang sendiri di liga dengan 38-3 dan menjadi unggulan ketiga di Wilayah Barat.

Bagaimanapun, penampilan mereka pada pascamusim mengecewakan, ketika mereka takluk melalui enam pertandingan dari Golden State Warriors pada putaran petama.

"Saya merasa terhormat dan berenergi untuk mewakili kepelatihan dan menjadi duta mereka sebagai pelatih tahun ini dan terus menyimbolkan kepelatihan hebat di NBA," kata Karl dalam pernyataannya.

"Mungkin terdapat tujuh atau delapan orang yang layak menerima ini dan terdapat 10 atau 15 pelatih lain yang telah melakukan pekerjaan hebat dan tidak mendapatkan pengkuan apapun."

Karl, yang merayakan ulang tahun ke-62 dia pada Minggu mendapatkan trofi Red Auerbach setelah mendapat 62 suara dan berhak menempati peringkat pertama serta mendulang 404 angka untuk mengungguli pelatih Miami Erik Spoelstra (190) dan pelatih New York Mike Woodsin (127).

Ia menjadi pelatih kedua Nuggets yang memenangi penghargaan itu, setelah Doug Moe pada 1988.

Karl merupakan pelatih dengan raihan kemenangan terbanyak peringkat keenam di sejarah NBA dengan 1.131 kemenangan sepanjang karirnya. Laju kemenangannya berupa 21 pertandingan tidak terkalahkan pada beberapa musim, membuat ia memiliki catatan rentetan tidak terkalahkan serupa dengan Phil Jackson. (RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013