Guangzhou/Shanghai (ANTARA) - Sejumlah kereta ekspres antarmoda yang bermuatan peti kemas berkapasitas 50-foot bertolak masing-masing dari Shanghai di China timur, Guangzhou di Provinsi Guangdong di China selatan, Changsha di Provinsi Hunan di China tengah, dan Kunming di Provinsi Yunnan di China barat daya pada Rabu (20/9), menambah jumlah layanan kereta barang reguler.

Peti kemas berkapasitas 50-foot ini dikembangkan secara independen oleh China State Railway Group Co., Ltd. (China Railway), masing-masing dengan bobot 36 ton dan kapasitas muatan 30,85 ton.

Volume peti kemas ini mencapai 114,4 meter kubik, meningkat 50 persen dibandingkan dengan kontainer standar internasional berkapasitas 1 FEU (forty-foot equivalent unit), sehingga menjadikannya peti kemas terbesar berdasarkan volume yang telah digunakan di China sejauh ini.

Berikut ini sekilas gambaran peti-peti kemas dengan kapasitas raksasa diangkut dengan kereta ekspres antarmoda di China yang terekam lensa kamera:
 
Foto yang diabadikan pada 20 September 2023 ini memperlihatkan kereta ekspres antarmoda yang sarat dengan peti kemas berkapasitas 50-foot di Stasiun Kereta Pelabuhan Internasional Guangzhou di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China selatan. (Xinhua/Deng Hua)
 
Kereta ekspres antarmoda yang sarat dengan peti kemas berkapasitas 50-foot bertolak ke Dongguan di Provinsi Guangdong, China selatan, di Stasiun Kereta Minhang di Shanghai, China timur, pada 20 September 2023. (Xinhua/Wang Xiang)
 
Kereta ekspres antarmoda yang memuat kontainer berukuran 50-foot berangkat ke Changsha di Provinsi Hunan, China tengah, dari Stasiun Kereta Pelabuhan Internasional Guangzhou di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China selatan pada 20 September 2023. (Xinhua/Deng Hua)

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023