Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, mengatakan pemerintah tidak menjanjikan bonus kepada atlet yang meraih medali dalam ajang SEA Games 2013 karena keterbatasan anggaran.

"Kami tidak menjanjikan bonus-bonus. Kami tidak mau memberikan janji muluk-muluk. Anggaran tidak ada, jadi lebih baik pahit di awal tetapi manis di belakang," kata Roy di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga Jakarta, Jumat.

"Ini untuk membangkitkan semangat patriotisme atlet. Kami menyentuh kekuatan hati atlet yang ditantang tidak diberikan bonus," ujarnya.

Ia mengatakan, bonus untuk atlet masih bisa diusahakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan. Namun ia menegaskan, pemerintah tidak mau mengobral janji terlebih dulu.

Roy juga membuka pintu lebar-lebar bagi institusi atau perusahaan yang mau menyumbang dana untuk pemberian bonus bagi atlet peraih medali SEA Games.

Indonesia akan menurunkan sekitar 700 atlet untuk berlaga di 33 cabang olahraga pada SEA Games di Myanmar bulan Desember mendatang.

Pada perhelatan SEA Games 2011, pemerintah memberikan bonus Rp200 juta per atlet kepada peraih medali emas SEA Games, Rp50 juta per atlet bagi peraih perak, dan Rp30 juta per atlet bagi peraih perunggu. Saat itu pelatih juga mendapat bonus.

Pewarta: Monalisa
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013