Denpasar (ANTARA News) - Ketua Komisi III DPR RI Gede Pasek Suardika memuji kinerja Tim Detasemen Khusus (Densus 88) Polri yang mampu melumpuhkan sejumlah terduga anggota jaringan teroris di sejumlah daerah di Indonesia.

"Saya memuji kinerja Tim Densus 88 Polri mampu melumpuhkan terduga teroris, sebelum mereka melakukan tindakan teror di masyarakat," kata Pasek Suardika di Denpasar, Sabtu.

Namun, menurut Pasek, selain melakukan tindakan mencegah kelompok teroris beraksi, yang lebih penting adalah memutus dan membubarkan ideologi yang dianutnya dengan tindakan represif.

"Ideologi yang selama ini dipercaya teroris harus dapat dibubarkan, karena jika tidak sigap maka teroris akan pasti mengganggu keamanan dengan tindakan radikal," ucap politikus Partai Demokrasi itu.

Jika ideologi itu, ujarnya, tetap melekat pada kelompok teroris, maka tindakan pelumpuhan hanya bersifat sementara.

"Kalau ideologi itu masih saja melekat, maka kelompok teroris akan terus melakukan perekrutan anggota. Mereka yang direkrut orang-orang muda atau produktif, sehingga dengan mudah dicuci otaknya dengan ideologi melalui dogma-dogma," ujarnya.

Ia pun berharap peran tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam memberi pemahaman kepada warga.
.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013