London (ANTARA News) - Alex Ferguson tiba di Old Trafford untuk terakhir kalinya dan manajer Manchester United ini akan mengucapkan kata perpisahan untuk penggemarnya segera setelah laga MU lawan Swansea City yang digelar malam ini berakhir.

Pelatih berusia 71 tahun itu telah memecahkan rekor masa kepelatihan di Inggris dengan melatih MU selama 26 setengah tahun dengan persembahan piala yang juga menciptakan rekor, dengan 38 tropi.

Ferguson telah mengucapkan kata perpicahan dalam satu televisi Inggris begitu tiba di Old Trafford.  Namun ucapan langsung kepada penggemar akan disampaikan pada akhir pertandingan melawan Swansea.

Pada program televisi itu, Ferguson menulis,  "Kepada para penggemar, terimakasih. Dukungan yang kalian berikan selama bertahun-tahun sungguh membanggakan. Sungguh satu kehormatan yang sangat besar dan angerah yang sangat besar telah memimpin klub kalian dan saya telah membaktikan masa saya sebagai manajer Manchester United."

Ferguson akan digantikan manajer Everton David Moyes mulai 1 Juli nanti.

Selain Ferguson yang juga mengundurkan diri dari MU adalah Paul Scholes yang dimasukkan Ferguson pada jajaran pemain melawan Swansea, sebaliknya Wayne Rooney tidak.

Gelandang Michael Carrick mengaku berita mundurnya Ferguson masih terasa mengejutkan.  "Semua orang masih tak percaya pada fakta bahwa dia (Ferguson) akan meninggalkan klub," kata Carrick seperti dikutip AFP.

Tak hanya Carrick, media-media Inggris memberi sanjungan luar biasa kepada Ferguson, diantaranya Observer yang menyediakan 12 halaman suplemen berisi tahun-tahun Ferguson bersama United.

Salah satu yang ditulis koran ini adalah pernyataan Liam Brennan, yang bersama anaknya menonton pertandingan terakhir Ferguson untuk United melawan Swansea.

"Saya ingat masa-masa buruk sebelum Ferguson datang," katad Brennan. "Namun yang disaksikan anak saya adalah saya yang berjingkrak bahagia di ruang tamu ketika kami memenangi tropi-tropi. Jadi rasanya ini seperti asing: seperti ada yang mati dalam keluarga."

Sementara di Goodison Park saat Everton menjamu West Ham United, David Moyes menulis, "Selama bertahun-tahun kami melihat pemain-pemain cemerlang keluar masuk, namun yang terpenting saya memiliki orang-orang hebat dan saya tak akan bisa meraih kesempatan sukses apapun di Everton tanpa bantuan yang telah diterima saya dari para pemain yang bekerja di bawah saya."

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013