Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (25/9) menjadi sorotan, di antaranya Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Giring Ganesha sampai Anies Baswedan menerima SKCK dari kepolisian untuk dirinya mendaftarkan diri sebagai calon presiden ke KPU.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

Kaesang Pangarep resmi jadi Ketua Umum PSI

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Giring Ganesha.

Putusan tersebut dibacakan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Baintelkam Polri terbitkan SKCK bakal capres Anies Baswedan

Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri menerbitkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) untuk bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan pada hari Senin.

Surat keterangan catatan kepolisian diterima Anies Baswedan setelah yang bersangkutan ajukan permohonan SKCK di Loket Pelayanan Masyarakat Baintelkam Polri Gedung Tripatra Cilandak.

Selengkapnya baca di sini.

Mahfud MD enggan berkomentar terkait namanya masuk bursa cawapres

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD enggan berkomentar banyak terkait namanya masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

"Cawapres itu urusan parpol, biar parpol yang mengolah dan menjawab," katanya singkat saat ditanya sejumlah jurnalis di sela-sela kunjungan silaturahim di Pondok Pesantren Al Falah, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Minggu (24/9) malam.

Selengkapnya baca di sini.

Hasto bantah adanya pertemuan elite PDIP usai Kaesang gabung PSI

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membantah adanya pertemuan elit partai itu usai putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Pertemuan itu tidak ada," kata Hasto di Kantor DPP PDIP Jakarta, Senin, menanggapi pertanyaan wartawan berkaitan dengan video yang beredar di media sosial, yang menyiratkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri marah, setelah Kaesang bergabung ke PSI.

Selengkapnya baca di sini.

Presiden berbincang dengan Ketua Umum Hanura di Istana

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin petang.

Menurut OSO, dalam kesempatan tersebut dirinya dan Presiden berbincang mengenai hal-hal ringan.

"Cerita yang lucu-lucu, ngobrol-nya yang enak-enak, ketawa-tawa, nggak ada yang serius banget gitu," kata OSO usai pertemuan.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2023