Beijing (ANTARA) - China merilis buku putih tentang komunitas global dengan masa depan bersama, sebuah gagasan yang pernah dikemukakan Presiden China Xi Jinping sejak sepuluh tahun yang lalu.

Menurut buku putih itu, usulan Xi Jinping menerangi jalan ke depan saat dunia mencari berbagai solusi, serta mewakili kontribusi China bagi upaya global untuk melindungi rumah bersama dan menciptakan masa depan yang lebih baik dengan kemakmuran bagi semua orang, .

Untuk membangun komunitas global dengan masa depan bersama, semua orang, semua negara, dan semua individu harus berdiri bersama dalam suka dan duka, melangkah menuju keharmonisan yang lebih besar di planet yang kita sebut sebagai rumah ini, buku putih tersebut memaparkan.

Buku putih itu juga menyerukan upaya untuk membangun dunia yang terbuka, inklusif, bersih, dan indah yang menikmati perdamaian abadi, keamanan universal, serta kemakmuran bersama, mengubah kerinduan masyarakat akan kehidupan yang lebih baik menjadi kenyataan.

Dalam satu dekade terakhir, visi komunitas global dengan masa depan bersama terus diperkaya dan mendapatkan dukungan yang lebih luas. Kemajuan yang stabil juga telah dicatat dalam pengimplementasian visi tersebut.

Kini telah diakui secara luas di masyarakat internasional bahwa visi tersebut tidak ada hubungannya dengan kepentingan pribadi dan proteksionisme. Sebaliknya, dengan mempresentasikan visi China tentang arah pembangunan manusia, visi tersebut menentang pemikiran hegemonik negara-negara tertentu yang mengejar supremasi, kata buku putih tersebut.

Menatap ke masa depan, visi tersebut pasti akan bersinar sebagai sebuah pemikiran perintis dengan kekuatan kebenaran yang melampaui ruang dan waktu, membuka prospek yang indah untuk pembangunan bersama, stabilitas jangka panjang, dan kemakmuran yang berkelanjutan bagi masyarakat manusia, ungkap buku putih itu.

Lebih lanjut buku putih tersebut mengungkapkan bahwa membangun komunitas global dengan masa depan bersama merupakan visi yang bermanfaat sekaligus proses historis yang membutuhkan kerja keras selama beberapa generasi.

Karenanya diserukan kepada semua negara untuk bersatu dalam mengejar tujuan kebaikan bersama, merencanakan bersama, dan bertindak bersama dari hari ke hari menuju arah yang benar dalam membangun komunitas global dengan masa depan bersama, serta bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh umat manusia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023