Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Ani Yudhoyono mengajak masyarakat ikut serta melestarikan kolintang dan berharap penggunaan alat musik tradisional khas Sulawesi Utara itu terus berkembang.

"Kolintang milik bangsa Indonesia, sudah ada sejak jaman dahulu, kalau tidak dilestarikan akan punah," kata Ibu Negara saat menerima Pengurus Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) di Istana Negara Jakarta, Selasa.

"Kita tahu bangsa Indonesia ada banyak ke negara lain dengan membawa budayanya. Kadang-kadang suka diakui oleh bangsa lain padahal awalnya dari Indonesia membuat masyarakat geram, itu semua berpulang pada kita sendiri," katanya.

Ketua Umum Pinkan, Anie Rachmat Sudibjo, mengatakan organisasinya dibentuk tahun 2011 untuk melestarikan kolintang dan sudah melakukan pertemuan nasional pada Januari 2013.

Dalam pertemuan itu, Pinkan juga menggelar seminar serta lomba Kolintang baik untuk siswa sekolah maupun untuk kelompok Kolintang umum di Minahasa.

Selain menerima Pinkan, Ibu Negara juga menerima kelompok musik Kolintang Nandayu yang memenangi lomba musik Kolintang tingkat nasional dengan piala bergilir dari Ibu Negara.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013