Sidoarjo (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menyalurkan bantuan pangan beras kepada 86.720 keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah setempat sebagai upaya untuk membantu pengendalian harga beras.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Sidoarjo, Kamis, mengatakan bantuan bantuan pangan beras Bulog disalurkan di Desa Sumberejo, Kecamatan Wonoayu, dan setiap KPM menerima 10 kilogram.
 
“Dengan bantuan beras 10 kilogram ini, insya Allah cukup, minimal membantu panjenengan (anda) semua dalam kebutuhan sehari-hari untuk makan," ucap Gus Muhdlor sapaan akrabnya.

Baca juga: Bantul usulkan sejumlah pasar rakyat operasi pasar beras
 
Ia mengatakan, bantuan disalurkan selama tiga bulan berturut-turut mulai dari September, Oktober, dan November ini harus terus mendapatkan pengawasan ketat agar tepat sasaran.
 
"Kami (Pemerintah Kabupaten Sidoarjo) akan terus mengawasi program bantuan ini agar tepat sasaran pada penerima yang benar-benar membutuhkan," tegasnya.
 
Gus Muhdlor mengatakan, langkah ini merupakan upaya pemerintah memberikan dampak positif terhadap penguatan daya beli masyarakat dan mengendalikan inflasi.
 
"Ini sebagai bentuk upaya pemerintah mewaspadai potensi kenaikan permintaan bahan pangan pada Natal dan Tahun Baru  2024, dimana kenaikan tersebut harus diantisipasi agar tidak berdampak pada lonjakan harga pangan," ucapnya.

Baca juga: Terima kunjungan DPR, Bulog ungkap jaga keseimbangan harga beras
 
Ia menekankan sinergi dan guyub antara warga dengan desa harus tetap dijaga agar apabila ada permasalahan, pihak desa dapat mengetahui dan segera mengambil kebijakan.
 
“Jika ada warga yang mengetahui warga lainnya yang lebih membutuhkan tetapi tidak dapat bantuan, segera laporkan ke kepala desa agar semuanya yang membutuhkan sama-sama merasakan bantuan,” ucapnya.
 
Salah satu penerima bantuan pangan, Sutik mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas bantuan ini karena dapat mengurangi pengeluaran bahan pokok.
 
 
“Saya mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas bantuan beras yang diberikan Bupati Sidoarjo. Bantuan ini dapat mengurangi pengeluaran untuk membeli beras keluarga saya dan uang untuk beli beras bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya,” ucapnya.

Baca juga: 30.145 warga Kota Kediri terima bantuan pangan beras

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2023