London (ANTARA News) - Wigan Athletic menjadi tim pertama yang terdegradasi dari kompetisi strata tertinggi pada tahun yang sama ketika mereka juga menjuarai Piala FA setelah kalah 1-4 dari tuan rumah Arsenal, di mana Lukas Podolski mencetak dua gol, di Liga Utama Inggris pada Selasa (Rabu WIB).

Kemenangan ini membuat Arsenal berada di posisi terdepan untuk mengklaim peringkat keempat dan satu tempat untuk Liga Champions musim depan.

Mereka unggul satu angka atas tim London lainnya Tottenham Hotspur, yang menghuni peringkat kelima, di mana putaran terakhir kompetisi akan dimainkan pada Mingu.

Wigan beberapa kali mampu menyelamatkan diri dari ancaman degradasi pada beberapa musim belakangan, namun keberuntungan mereka sirna di Stadion Emirates yang diguyur hujan hanya tiga hari setelah mereka mengalahkan Manchester City 1-0 di Wembley untuk menjuarai Piala FA untuk pertama kalinya.

"Saya tidak pernah mengharapkan hal ini terjadi, kelompok pemain ini tidak layak menerima hal ini," kata pelatih Wigan Roberto Martinez. "Memenangi Piala FA adalah hal yang menakjubkan, namun ini adalah hari yang berat bagi klub."

Pada pertandingan lainnya di Selasa, Manchester City, yang memecat pelatih Roberto Mancini pada Senin, menang 2-0 atas tuan rumah Reading yang sudah dipastikan terdegradasi di mana dua penyerang Sergio Aguero dan Edin Dzeko mencetak gol larut pada masing-masing babak.

Di Stadion Emirates, Arsenal mendominasi 20 menit pertama dan membuka keunggulan pada menit ke-11 ketika Lukas Podolski menanduk bola dari jarak enam meter setelah pertahanan Wigan gagal mengantisipasi tendangan penjuru.

Tim tamu mampu menyamakan kedudukan ketika wasit Mike Dean memberikan hukuman tendangan bebas terhadap tekel yang dilakukan Mikel Arteta kepada pemain Wigan Shaun Maloney di luar kotak penalti beberapa saat sebelum turun minum.

Tendangan bebas Maloney melengkung di atas dinding pemain dan melesat ke bagian kiri Wojciech Szczesny, setelah itu Dean mendapat ejekan dari para pendukung tuan rumah saat ia meniup peluit tanda babak pertama usai, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013