Jakarta (ANTARA News) - Brad Pitt, 49, selalu menemani pasangannya Angelina Jolie saat menjalani mastektomi (pengangkatan payudara untuk mencegah kanker)..

Perawatan Jolie  berlangsung tiga bulan hingga April.

"Menyaksikan langsung keputusan ini sebagai pilihan Angie, begitu juga dengan orang lain seperti dirinya, sangat heroik," kata Pitt kepada Evening Standard London.

Pitt hanya menginginkan Jolie hidup sehat dan berumur panjang sehingga dapat menjalani kehidupan bersama dia dia keenam anaknya.

"Ini hari bahagia bagi keluarga kami," kata pria bernama lengkap William Bradley Pitt, seperti yang dikutip dari Reuters.

Angelina Jolie beberapa waktu lalu mengejutkan dunia dengan mengakui ia telah menjalani mastektomi ganda untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Ia mengambil keputusan itu karena berisiko 87 persen mengidap penyakit tersebut dan tidak ingin menurunkan gen penyakit itu kepada anak-anaknya. Ibu Jolie meninggal di usia 56 akibat kanker payudara.

Jolie memilih untuk merekonstruksi bagian tubuhnya itu dengan memasang implan.

"Saya pribadi, tidak ada yang kurang sebagai perempuan," tulis Jolie.

"Saya merasa kuat, saya telah membuat keputusan besar yang tidak mengurangi sisi feminin saya," tambahnya.

Jolie mengungkapkan keputusannya memberitahu publik untuk membantu semua  perempuan  yang mungkin dibayangi ketakutan kanker.

"Harapan saya, mereka juga dapat menjalani tes," kata Jolie.

Menurut data World Health Organization (WHO), kanker payudara membunuh 458.000 manusia tiap tahunnya.

Satu dalam 300 perempuan, hingga satu diantara 500, membawa gen mutasi BRCA 1 dan BRCA 2, seperti Jolie.

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013