Berlin (ANTARA News) - Para perempuan pegiat hak asasi manusia berunjuk rasa memprotes pembukaan rumah boneka merah jambu raksasa di Berlin, Kamis, seraya mengatakan bahwa pengalaman di rumah impian ("Dreamhouse Experience") Barbie menjadikan perempuan sebagai objek.

Dibangun untuk mempromosikan boneka yang dibuat oleh Mattel Inc, rumah boneka itu memungkinkan para pengunjung mencoba pakaian Barbie, bermain di dapurnya dan memainkan piano merah mudanya dengan tarif tertentu. Pameran ini akan buka sampai 25 Agustus mendatang.

Sejumlah pengunjuk rasa berkumpul di luar rumah merah jambu yang dibangun di salah satu sudut Berlin, seperti yang dilaporkan Reuters.

Seorang wanita yang merupakan anggota dari kelompok Femen yang berunjuk rasa tampil telanjang dada dengan slogan "hidup dalam (dunia) plastik tidak fantastik" di dadanya. Para pengunjuk rasa juga membakar sebuah boneka Barbie yang digantungkan pada sebuah salib kecil.

"Ada terlalu banyak tekanan untuk menjadi lebih cantik dan manis dan itu memberi banyak sekali tekanan terhadap perempuan serta menyia-nyiakan kapasitas mereka untuk bisa bahagia atau untuk bersekolah," kata Stevie Meriel Schmiedel, pendiri kelompok pengunjuk rasa yang menyebut kelompoknya "Pink Stinks".

"Kami memprotes karena Barbie tidak akan mampu bertahan tanpa tubuh indahnya namun sayangnya dia adalah idola bagi banyak gadis dan itu tidak sehat," katanya.

Salah satu plakat yang dibawa berbunyi, "Barbie sayang - jangan hanya memanggang cupcakes, tapi makan juga!"

Seorang pengunjuk rasa laki-laki mengenakan rambut palsu, kemeja pink dan rok berkilauan membawa poster yang bertuliskan, "Apakah Anda menyukai saya sekarang?"

Christoph Rahofer, pimpinan eksekutif pemasaran acara itu, yang menyelenggarakan pameran tersebut, serupa dengan yang baru-baru ini dibuka di Sunrise, Florida, mengatakan "Dreamhouse Experience" adalah hal yang positif.

"Pada dasarnya ini tentang bermain, menjadi kagum dan menemukan - ada banyak hal yang tersembunyi yang dapat ditemukan dan itu adalah pameran interaktif. "

Boneka Barbie memulai debutnya pada tahun 1959. Nama boneka itu diambil dari nama putri penemu Barbie, Ruth Handler, yaitu Barbara menurut laman Mattel.


Penerjemah: GNC Aryani

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013