Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan produk makanan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mengajak masyarakat lebih mengenal dan mencintai kuliner khas dalam negeri melalui "Festival Cita Rasa Pilihan Indonesia".

Indofood menyelenggarakan festival perdananya itu di Medan, Sumatera Utara, dengan menyajikan lontong sayur Medan, soto udang Kesawan, rujak cingur dari Jawa Timur, sate dan kambing guling Pejompongan, Jakarta, dan banyak lagi, kata Indofood dalam siaran persnya, Sabtu.

Chief Marketing Officer (CFO) Indofood, Anastasia Sutadji, menyatakan acara ini sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada masyarakat dan para mitra, juga ingin mengajak masyarakat untuk mengenal dan mencintai aneka-ragam kuliner khas yang lezat.

"Kami ingin memperkenalkan kuliner Indonesia yang diolah, diracik dan diramu oleh pedagang makanan dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas. Sehingga selain menghasilkan makanan bercita rasa lezat, juga bergizi," tutur Anastasia.

Selain menghadirkan puluhan penjaja makanan pilihan, festival menghadirkan pula Galeri Indofood, dimana masyarakat dapat melihat dan mengenal rangkaian produk Indofood secara langsung.

Salah satu UKM binaan Indofood menciptakan kreasi berbahan dasar tepung terigu berupa Bolu Pelangi Raksasa berukuran 2x2 meter. Juga kreasi cemilan dari produk makanan ringan Indofood.

Ada juga Swalayan Indofood, gerai yang menjajakan produk Indofood.

“Indofood memiliki jangkauan kategori produk yang luas.....diantaranya tepung terigu, minyak goreng, margarin, susu dan produk turunannya, produk makanan ringan, penyedap makanan seperti kecap, saus sambal, aneka bumbu masak, sirup, biskuit, dan mi instan,” ujar Anastasia.

Sementara Consumer Activation Manager Indofood Karls Nayoan Jap mengatakan, Indofood Festival digelar di Lapangan Yon Zipur, Medan, selama dua hari, Sabtu (18/5) hingga Minggu (19/5).

Indofood Festival menampilkan sekitar 40 pedagang makanan baik dari Medan dan sekitarnya maupun perwakilan dari beberapa daerah.

Festival dimeriahkan sejumlah artis ibukota seperti Cakra Khan, Ari Lasso, dan Regina Idol, serta tarian kontemporer dan banyak lagi.  Anak-anak juga dapat bermain aneka permainan seperti ayunan, basket mini, mobil-mobilan dan sejenisnya,” jelas Karls.

Indofood juga mengajak masyarakat untuk berperan dalam membangun generasi bangsa yang berkualitas dengan memberikan donasi untuk program perbaikan gizi di Nusa Tenggara Timur, program kerjasama Indofood dengan World Food Program (WFP).  

Program ini berupa penyediaan makanan yang tepat untuk memenuhi gizi yang diperlukan terutama pada periode emas yakni seribu hari pertama kehidupan, mulai masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.

Program CSR lain yang ditampilkan dalam Indofood Festival adalah program Pojok Selera yakni progam pelatihan wirausaha bagi masyarakat yang berada di sekitar perkebunan, pabrik maupun kantor cabang Indofood.

Melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat menciptakan enterpreneur-enterpreneur baru khususnya di bidang usaha makanan.

Salah satu UKM Pojok Selera yang tampil di acara ini adalah kelompok dari wilayah Langkat, Sumatera Utara, yang menampilkan aneka kreasi makanan seperti donat, brownies, bolu gulung, kue-kue kering yang semua bahannya menggunakan produk Indofood.(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013