Roma (ANTARA News) - Sassuolo membubuhkan tulisan di sejarah sepak bola Italia pada Sabtu dengan menjuarai Serie B dan mendapat promosi ke Liga Italia Serie A untuk pertama kalinya.

Gol di masa tambahan waktu dari pengatur permainan Simone Missiroli pada pertandingan yang berlangsung sengit memberikan kemenangan 1-0 atas Livorno sudah cukup untuk mengamankan promosi ke kompetisi strata teratas Italia, dan membuat mereka akan berhadapan dengan tim-tim raksasa seperti Juventus, AC Milan, dan Inter pada musim depan, lapor AFP.

Dengan penduduk sekitar 41.000 orang Sassuolo, yang terletak di dekat markas besar Ferrari di Maranello, juga akan menjadi kota terkecil yang memiliki klub di Serie A dan akan bergabung dengan Hellas Verona setelah mereka finis di peringkat kedua.

Bagaimanapun, pertandingan terakhir liga musim ini ditandai oleh diusirnya tiga pemain - dua dari Sassuolo dan satu dari Livorno.

Hellas harus mengamakan hasil imbang tanpa gol saat melawan tim peringkat keempat Empoli untuk menghuni peringkat kedua, sekaligus menggaransi spot lolos otomatis.

Dengan Empoli memerlukan hasil yang sama untuk mengamankan tempat "playoff", pertandingan itu berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Pertandingan-pertandingan "playoff" akan menampilkan Livorno melawan Brescia dan Empoli melawan Novara dengan menggunakan format dua pertandingan kandang-tandang dan final, untuk menentukan tim ketiga yang mendapat tiket promosi.

Pescara, Palermo, dan Siena telah terdegradasi dari Serie A. (RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013