Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkomitmen memenuhi standar pengamanan di sektor pariwisata, yakni melalui asesmen standar minimum pengamanan (SMP).

Asesmen SMP dalam penyelenggaraan perhelatan nasional maupun internasional dinilai sebagai langkah konkret oleh kedua pihak dalam menjadikan pariwisata Indonesia yang aman dan menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel menjelaskan pihaknya akan memastikan sistem pengamanan arena (venue) dan personel memenuhi standar pedoman perlindungan sarana prasarana objek vital yang strategis dan fasilitas publik dalam pencegahan tindak pidana terorisme.

“Kita perlu peninjauan kembali terhadap venue (arena), hotel, dan objek wisata yang akan digunakan event (acara) nasional dan internasional. Tugas kami memastikan sistem pengamanan memenuhi standar dan personelnya aman tidak terlibat dalam terorisme,” kata Rycko saat beraudiensi dengan Menparekraf Sandiaga Uno, Selasa, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Sandiaga Uno mengapresiasi dan mendukung penuh langkah pengamanan yang dicanangkan Kepala BNPT. Selain asesmen, Menparekraf juga berharap agar BNPT dapat menyosialisasikan wawasan kebangsaan sebagai bentuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

“Untuk event (acara) sekelas kepala negara harus ada penebalan dari sisi safety (keselamatan) dan security (keamanan). Wawasan kebangsaan juga dapat diselipkan dalam pelatihan karena SDM ini terus kita upscaling (tingkatkan),” ucap Uno.

Lebih lanjut, BNPT dan Kemenparekraf akan mendapuk tiga destinasi super prioritas Danau Toba, Borobudur, dan Labuan Bajo sebagai proyek percontohan (pilot project) asesmen SMP tersebut. Pemangku kepentingan di daerah juga akan dilibatkan agar pencegahan terorisme dilakukan secara menyeluruh.

Baca juga: BNPT ajak insan Kilang Pertamina Internasional cegah paham kekerasan
Baca juga: Akademisi: Esensi perayaan maulid adalah keikhlasan dan toleransi
Baca juga: BNPT dorong anak muda perkuat empat konsensus dasar

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2023