Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menggelar pesta belanja, hiburan dan rekreasi rakyat dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-78.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam keterangannya di Surabaya, Rabu, menjelaskan kegiatan ini telah rutin digelar di setiap peringatan hari jadi provinsi sejak tahun 2010 dengan nama Jatim Fair.

"Memasuki tahun ke-13 penyelenggaraan Jatim Fair, kami ubah namanya menjadi Jatim Fest dengan slogan Pesta Belanja, Hiburan dan Rekreasi Rakyat bertema Jatim Bangkit Terus Melaju," katanya.

Gubernur Khofifah berharap pergantian nama menjadi Jatim Fest diharapkan dapat memberikan perspektif dan semangat baru.

"Mudah-mudahan pameran dagang terbesar Jatim ini bisa menjadi ajang menggerakkan roda perekonomian sembari memberikan hiburan untuk masyarakat," ujarnya.

Jatim Fest yang digelar selama lima hari di Surabaya pada 4-8 Oktober 2023 diikuti sebanyak 88 peserta dengan total 190 stan yang terdiri dari satu kementerian, 28 organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi, 10 badan usaha milik negara (BUMN)/badan usaha milik daerah (BUMD)/lembaga tinggi negara, 12 pemerintah kabupaten/kota, lima badan layanan umum daerah (BLUD), dan 32 pihak swasta.

Adapun kegiatannya meliputi pameran layanan publik dan berbagai produk dari berbagai bidang usaha, serta konser musik.

Untuk tiket konser musik reguler berbayar Rp80 ribu yang dapat dipesan secara daring melalui aplikasi Blibli. Sejumlah kelompok musik dijadwalkan tampil, antara lain Coldiac, Stars & Rabbit, Bagindas & Fake Dopp.

Khofifah mengatakan, gelaran Jatim Fest merupakan upaya untuk menjaga kestabilan ekonomi demi meningkatkan produk domestik regional bruto (PDRB).

Tercatat PDRB Jatim pada triwulan II tahun 2023 berkontribusi sebesar 14,45 persen sebagai pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

"Kontribusinya terhadap PDRB Pulau Jawa sebesar 25,23 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Jatim pada triwulan II tumbuh secara impresif sebesar 2,66 persen secara quarter to quarter dan tercatat yang paling tinggi di Pulau Jawa," ujar Khofifah pula.
Baca juga: Kadin gelar Jatim Halal Fest 2023 percepat pengembangan industri

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023