London (ANTARA News) - Wasit Liga Utama Inggris Mark Halsey pensiun pada Minggu, setelah memimpin pertandingan ketika Norwich menang 3-2 di markas Manchester City pada hari terakhir musim 2012/2013.

Halsey didiagnosis menderita kanker pada 2009 namun ia berhasil pulih dari penyakitnya dan mampu terus menjadi wasit setahun kemudian.

Pria 51 tahun itu, yang telah menjadi wasit di kompetisi strata tertinggi sejak 1999, mendapat tepuk tangan meriah dari pada pendukung City saat pertandingan usai dan ia berharap perjuangannya melawan kanker dapat menginspirasi orang-orang lain yang menderita karena penyakit serupa.

"Ini merupakan karir fantastis bagi saya, dengan naik dan turunnya," ucapnya.

"Saya memiliki tiga tahun yang hebat sejak saya kembali dari penyakit-penyakit saya dan mudah-mudahan saya dapat menjadi inspirasi bagi semua pria, wanita dan anak-anak yang menderita kanker, dan memperlihatkan kepada mereka bahwa kita dapat menaklukkan hal ini, bahwa kita dapat kembali (pulih). Mudah-mudahan saya telah melakukan banyak hal bagi mereka."

"Saya sangat emosional. Ini adalah sambutan hebat yang saya dapatkan pada akhirnya, tidak dapat dipercaya."

"Saya tidak pernah berpikir saya akan mendapatkannya, dan ini memperlihatkan rasa hormat yang saya dapatkan. Ini benar-benar mengagumkan."

"Saya tidak berpikir saya telah melihat seorang wasit mendapatkan hal seperti ini sebelumnya. Chris Hughton (pelatih Norwich) memberi saya pelukan dan mengucapkan beberapa kata kepada saya. Ini fantastis," kata Halsey dikutip Reuters.

(SYS/H-RF/I015)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013