New York (ANTARA News) - Anggota Departemen Sejarah di University of Houston Jerald Horne mengatakan lobi Zionis di Washington berusaha keras mendorong Gedung Putih dan Kongres untuk memberikan bantuan militer lagi untuk teroris di Suriah.

Berbicara dengan IRNA, ia mengatakan rezim Zionis mengikuti kebijakan melanjutkan perang di Suriah dan merusak peran regional Damaskus, lapor IRNA.

Dia menegaskan bahwa berbagai lobi di Washington mendesak Kongres dan Presiden AS Barack Obama untuk sepenuhnya mempersenjatai kelompok oposisi Suriah guna melawan Presiden Bashar al-Assad.

Mengomentari rencana ratifikasi di AS untuk memberikan bantuan militer kepada teroris Suriah, dia mengatakan pemerintah AS sangat ditekan oleh lobi Zionis internal dan pemerintah seperti Qatar, Turki dan Arab Saudi untuk memberikan dukungan militer kepada pemberontak bersenjata di Suriah.

Namun, ia menambahkan, Presiden Obama belum meragukan dan berhati-hati mengenai cara untuk bereaksi terhadap krisis Suriah karena ia berpikir untuk memperbaiki hubungan dengan Rusia. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013