Kapuas Hulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu bersama Perum Bulog Putussibau menyalurkan beras cadangan pemerintah tahap kedua yang merupakan bantuan pangan untuk membantu masyarakat menghadapi kerawanan pangan.

"Bantuan beras itu bentuk perhatian pemerintah dalam meringankan beban masyarakat," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Baca juga: DKP3 Kota Medan periksa 15 sampel beras terkait isu beras sintetis

Bantuan cadangan beras untuk Kabupaten Kapuas Hulu kurang lebih sebanyak 567 ton lebih untuk 18.908 kepala keluarga pemerintah manfaat tersebar di 23 kecamatan.

Disampaikan Fransiskus, saat ini hampir seluruh wilayah mengalami kekeringan dampak kemarau panjang yang berakibat gagal panen serta mempengaruhi kerawanan pangan.

Menurut dia, beberapa faktor juga menyebabkan harga beras di pasaran mengalami kenaikan, sehingga perlu ada langkah-langkah pemerintah untuk membantu masyarakat.

Dijelaskan Fransiskus, Kapuas Hulu memiliki lahan yang cukup luas dan banyak lahan tidur yang bisa dimanfaatkan untuk lahan produktif pertanian.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak terlalu ketergantungan dengan beras sebagai makanan pokok, akan tetapi ada makanan pendamping seperti jagung, sukun, umbi-umbian yang dapat membantu mengatasi juga kerawanan pangan apabila terjadi krisis beras.

Baca juga: Bulog Aceh dapat  pasokan beras impor 6.600 ton

"Pemerintah tidak melarang konsumsi beras, tetapi bisa juga konsumsi makanan pendamping yang proteinnya sama," kata Fransiskus.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Perum Bulog Putussibau Azwar Fuad menjelaskan bantuan cadangan beras pemerintah tersebut diberikan kepada masyarakat miskin dan kurang mampu yang terdaftar dalam program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) berdasarkan data Kementerian Sosial.

Fuad menyebutkan untuk di Kabupaten Kapuas Hulu penerima bantuan cadangan beras pemerintah sebanyak 18.908 kepala keluarga yang tersebar di 23 Kecamatan.

Masing-masing kepala keluarga menerima 10 kilogram per satu bulan dengan total yang diterima sebanyak 30 kilogram selama tiga bulan.

Dia berharap dengan disalurkannya bantuan cadangan beras pemerintah tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi kerawanan pangan.

Baca juga: Pemkab Gunungkidul salurkan beras cadangan pemerintah bantu masyarakat
 
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyerahkan secara simbolis bantuan cadangan beras pemerintah kepada masyarakat di Desa Sibau Hilir Kecamatan Putussibau Utara, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Rabu (11/10/2023). ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2023