Jakarta (ANTARA) - Atlet lari dari Hoka, Novia Nur Nirwani, menilai bahwa kini ekosistem kompetisi lari di Indonesia sudah semakin baik, terlebih dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap olahraga tersebut.

”Untuk sekarang sudah bagus banget ya (ekosistem kompetisi lari di Indonesia). Apalagi sekarang peminatnya juga luar biasa banyak banget. Hal itu tentu bikin atlet-atlet jadi agak lebih terlihat daripada sebelum-sebelumnya,” kata Novia saat dijumpai seusai konferensi pers Planet Sports RUN di Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut Novia, event-event lari yang banyak dibuka oleh berbagai pihak salah satunya kali ini dari Planet Sport juga dapat membuat para atlet bisa semakin memperbaiki kemampuannya.

”Event-event lari tentu membuat atlet juga bisa semakin lebih baik lagi. Apalagi yang Planet Sport Run juga di akhir tahun. Bisa jadi tolak ukur untuk para atlet melihat kemampuan dan target di tahun selanjutnya,” kata Novia.

Atlet lari dari New Balance, Aprilia, juga menyampaikan hal serupa. Ekosistem kompetisi olahraga lari di Indonesia kini memang sedang naik daun. Tak hanya oleh para atlet, kini juga semakin banyak event lari yang bisa diikuti oleh masyarakat umum.

Menurut Aprilia, diselenggarakannya event lari untuk umum juga baik untuk regenerasi atlet lari di Indonesia. Sebab dari event tersebut akan terlihat bibit-bibit generasi muda yang bisa menjadi generasi baru atlet lari tanah air.

”Dengan banyaknya kejuaraan-kejuaraan atau event lari juga semakin banyak pelari yang muncul. Dari situ mungkin bisa dilihat bibit-bibit yang bisa menjadi regenerasi atlet lari,” ujar Aprilia.


Baca juga: Tip lari yang tepat untuk para pemula agar tak mudah lelah dan cedera
Baca juga: Himpunan alumni gelar IPB Run II Half Marathon ajak hidup sehat
Baca juga: Isoplus dan RSUI gelar kegiatan lomba lari "ISOPLUS-RSUI RUN 2023"


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2023