Serang (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono melakukan inspeksi mendadak ke perusahaan pengembangan ternak sapi PT Lembu Jantan Perkasa di Serang dalam upaya memantau ketersediaan sapi menjelang bulan puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Salah satu tujuan kunjungan saya ke sini untuk melihat sejauh mana persediaan sapi di pusat pembibitan dan penggemukan. Dengan harapan nanti menjelang Ramadan dan Hari Raya, harga daging sapi turun daging berkisar Rp76 sampai Rp80 ribu perkilogram," kata Menteri Pertanian saat melakukan inspeksi mendadak ke PT Lembu Jantan Perkasa (LJP) di Serang, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya berharap menjelang Ramadan dan Hari Raya yang akan datang harga daging turun antara Rp76 ribu sampai Rp80 perkilogram.

Menteri juga mengemukakan perlu juga ada perlindungan kepada peternak karena selama tiga tahun terakhir peternak "menjerit" akibat importasi daging sapi.

Upaya lain yang akan dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga daging sapi menjelang Ramadan dan Hari Raya, Kementerian Pertanian berkoordinasi dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar daging sapi.

"Tahun ini kita akan upayakan lakukan operasi pasar daging sapi, kami sudah bekerja sama dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar ini," tutur Suswono.

Lebih lanjut menteri menjelaskan realisasi impor daging sapi hingga Mei 2013 penyerapannya dinilai lambat karena dari rencana hingga Juni 2013 target impor dagng sapi tersebut sekitar 19 ribu ton, akan tetapi sampai Mei 2013 baru terealiasi 11 ribu ton.

Pewarta: Mulyana
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013