Jakarta (ANTARA News) - Pembangunan fisik moda transportasi massal, Mass Rapid Transit (MRT) akan dilakukan pada bulan Oktober 2013. "Pokoknya sudah langsung curr," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu.

Pembangunan fisik fase pertama di jalur Bundaran HI hingga Sisingamangaraja itu akan dilakukan di bawah tanah sehingga dibutuhkan waktu untuk mempersiapkan pembangunan fisik MRT karena peralatan yang dibutuhkan sangat besar. "Ini kan alatnya besar-besar. Makanya butuh waktu," katanya.

Jokowi enggan menyebutkan bagian mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Dia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan PT. MRT Jakarta sebagai konsorsium pengerjaan MRT. "Itu masih dalam proses pembahasan," katanya. 

Sebelumnya, Jokowi meresmikan pembangunan MRT di Bundaran HI pada 2 Mei 2013. Dia mengatakan tidak akan memberi tenggat waktu mengenai kapan akan dilakukan peletakan batu pertama dalam pembangunan. Tapi dia menyebutkan bahwa moda transportasi ini harus selesai pada tahun 2017 agar masyarakat bisa segera menggunakannya. 

Pengerjaan fase pertama, fase bawah tanah ini, akan dilakukan oleh Joint Venture: Shimizu, Wijaya Karya, Jaya Konstruksi dan Obayashi yang mengerjakan dua paket pengerjaan underground. Seta Joint operation Hutama Karya Sumimoto Mutsui Construction Company satu paket.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013