Mumbai (ANTARA) - International Federation of American Football (IFAF) mendapatkan pengakuan penuh dari Sidang Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) ke-141 di Mumbai pada Minggu (15/10), menyusul proposal yang dibuat oleh Dewan Eksekutif IOC pada Maret lalu.

IFAF merupakan induk organisasi internasional untuk cabang olahraga (cabor) American football, termasuk flag football, yang merupakan salah satu dari lima cabor tambahan untuk Olimpiade Los Angeles 2028 (LA28) yang diusulkan oleh Komite Penyelenggara LA28 dan diajukan ke Sidang IOC oleh Dewan Eksekutif IOC.

Sidang IOC di Mumbai itu diperkirakan akan meninjau kembali keputusan terkait kelima cabor tambahan tersebut pada Senin (16/10).

Resmi dibentuk pada 1998, IFAF terafiliasi dengan 74 Federasi Nasional, dengan perkiraan jumlah atlet yang terdaftar mencapai hampir 5,04 juta orang.

IFAF saat ini menyelenggarakan Kejuaraan Dunia setiap empat tahun sekali, dan flag football masuk dalam program olahraga World Games 2022 di Birmingham, Amerika Serikat, demikian Xinhua.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2023