Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat menggenjot perbaikan jalan yang rusak guna meningkatkan perekonomian di seluruh wilayah Cianjur, termasuk perbaikan jalan protokol yang berlubang dan banyak dikeluhkan warga sudah tuntas di akhir tahun.

Bupati Kabupaten Cianjur Herman Suherman, di Cianjur, Senin, mengatakan telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Cianjur untuk memperbaiki seluruh jalan protokol yang berlubang dan memprioritaskan pembangunan jalan rusak menuju objek wisata.

"Saya sudah perintahkan untuk jalan protokol yang berlubang sudah diperbaiki dalam minggu ini, sehingga tidak ada lagi jalan protokol yang berlubang dan banyak dikeluhkan warga menghambat perekonomian," katanya pula.

Bahkan untuk seluruh perbaikan dan pembangunan jalan kabupaten di wilayah selatan penghubung antarkecamatan ditargetkan tuntas sebelum akhir tahun, sehingga aktivitas perekonomian dapat berjalan dengan baik dan meningkat seiring akses jalan yang mulus.

Perbaikan dan pembangunan jalan di seluruh wilayah Cianjur, kata Herman, menjadi target utama pihaknya dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan menjalankan program 1.000 kilometer jalan beton, sehingga kualitas jalan setiap tahunnya di Cianjur menjadi baik dan laik dilalui bertambah.

"Perbaikan infrastruktur jalan ini, dapat meningkatkan perekonomian seiring tingginya angka kunjungan wisatawan ke Cianjur. Termasuk pendistribusian hasil pertanian dapat meningkat dengan rendahnya biaya transportasi yang terhubung langsung ke jalan provinsi dan nasional," katanya pula.

Sementara masyarakat di sejumlah wilayah perkotaan di Cianjur, mengeluhkan banyaknya lubang di jalan protokol yang tidak kunjung diperbaiki, salah satunya di Jalan Hasyim Ashari dan Jalan Abdulah bin Nuh, karena dalamnya lubang terpasang water barrier atau pagar pembatas sebagai upaya menghindari kecelakaan.

"Pagar pembatas itu, sengaja dipasang warga untuk menghindari pengguna jalan terjerembab ke dalam lubang besar yang cukup dalam, namun tidak jarang pengendara mengalami kecelakaan karena menabrak pagar tersebut," kata warga sekitar Rahmat (34).

Berlubangnya jalan protokol itu, sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir yang awalnya lubang kecil semakin hari menjadi lebar dan dalam, sehingga warga berharap dinas terkait di Pemkab Cianjur, segera memperbaiki jalan yang padat dilalui kendaraan setiap harinya.

"Kami meminta segera diperbaiki karena jangan sampai tambah rusak dan bertambah dalam, sehingga dapat menjadi penyebab kecelakaan tunggal terutama menimpa pengendara sepeda motor pada malam hari," katanya pula.
Baca juga: Pemkab Cianjur prioritaskan perbaikan jalan kabupaten rusak berat
Baca juga: Pemkab Cianjur siapkan anggaran perbaikan jalan kabupaten pada 2024

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023