Medan (ANTARA) - PT PLN siap menghadirkan kelistrikan berkualitas pada kejuaraan dunia Aquabike World Championship 2023 merupakan seri kejuaraan jetski tingkat dunia yang akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara.

Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan, di Danau Toba pada 22 hingga 26 November 2023 di wilayah empat kabupaten, yakni Toba, Karo, Dairi, dan Samosir. Pemilihan empat kabupaten besar sebagai venue Aquabike World Championship sebagai upaya menghidupkan kembali pariwisata di area sekitar Danau Toba.

"Telah menginstruksikan Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga untuk mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di empat kabupaten demi kelancaran acara tersebut," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara Awaluddin Hafid, Senin.

Awaluddin menyebutkan PLN UP3 Sibolga bersama tim injourney dan pemerintah daerah telah melakukan survei di empat kabupaten tersebut.

"Dalam waktu dekat PLN akan mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan mulai dari venue lomba, hotel yang akan digunakan oleh peserta lomba hingga fasilitas pendukung lain yang akan dipakai dalam kejuaraan jetski tingkat dunia ini," ujarnya pula.

Awaluddin mengatakan kebutuhan daya selama kejuaraan tersebut akan meningkat dari biasanya. Menargetkan seluruh pekerjaan infrastruktur ketenagalistrikan di lokasi venue akan rampung pada tanggal 17 November 2023.

Tidak hanya mempersiapkan supply infrastruktur ketenagalistrikan, lokasi venue kejuaraan Aquabike tidak luput dari fokus utama PLN.

"Di lokasi tersebut nantinya PLN akan mempersiapkan pengamanan berlapis, di antaranya pemasangan Automatic Changes Over (ACOS Tegangan Rendah), pemasangan Uninterruptible Power Supply (UPS), dan penyediaan genset mobile sebanyak empat unit," katanya pula.

Dia menambahkan, PLN juga akan melaksanakan berbagai simulasi pengamanan kelistrikan di lokasi venue. Hal ini berguna untuk memastikan seluruh infrastruktur ketenagalistrikan berjalan dengan baik.

​​​​​​​"Saya telah menginstruksikan Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga untuk melakukan berbagai simulasi untuk memastikan sistem pengamanan ketenagalistrikan berjalan dengan baik dan melakukan gladi bersih paling lambat tanggal 20 November 2023," kata Awaluddin.
Baca juga: PLN Aceh siapkan infrastruktur dukung PON 2024
Baca juga: PLN: Listrik selama WSL Nias Pro 2023 cukup andal 
​​​​​​​

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023