Bukittinggi (ANTARA News) - Kementerian Pertanian mendorong Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pengembangan peternakan lokal demi mewujudkan target swasembada daging pada 2014.

"Pemerintah Provinsi Sumbar diharapkan dapat memfasilitasi pengembangan usaha ternak masyarakat dengan memanfaatkan lahan yang masih kosong serta kearifan lokal setempat, kata Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Kementerian Pertanian Jamil Musadif di Bukittinggi, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu saat pembukaan Livestock expo 2013 atau pameran produksi ternak yang digelar di Bukittinggi, 30 Mei-2 Juni 2013.

Menurut dia, Sumatera Barat potensial untuk pengembangan industri persusuan dan ternak sapi perah serta penggemukan sapi karena kondisi alam yang cukup menunjang.

"Untuk itu, Pemprov Sumbar harus mendorong para peternak untuk memproduksi ternak dan hasil olahan yang sesuai dengan permintaan pasar serta mengembangkan kearifan lokal peternakan yang dimiliki daerah ini," katanya.

Dinas Peternakan Sumatera Barat menggelar Livestock Expo 2013 atau pameran produksi ternak yang merupakan ajang informasi, promosi dalam pengembangan usaha agribisnis dan peternakan.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013