Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya memakai sistem pengaman empat lapis untuk penyuplai listrik Jakarta International Stadium (JIS) di Piala Dunia U17 FIFA.

"Pengamanan lapis pertama yaitu pasokan dari PLN kami pasang tujuh unit Uninterruptible Power Supply (UPS) total daya 2.500 kilo Volt Ampere (kVA)," ujar General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran, di Jakarta, Selasa.

Pengamanan lapis kedua, lanjut Lasiran, adalah pasokan yang berasal dari sistem kelistrikan PLN dengan empat unit gardu bergerak total daya 3.400 kVA.

Pengamanan lapis ketiga yakni selain pasokan listrik dari PLN juga ada dukungan (back up) dari genset kapasitas besar.

“PLN juga terus berkoordinasi dengan pihak JIS untuk memastikan kebutuhan listrik selama acara dapat disuplai penuh dari PLN,” kata Lasiran.

Pengamanan lapis keempat, PLN menyiapkan 276 personel mobile sehingga jika terjadi gangguan/kegagalan dari sistem, pasokan listrik tetap akan ada dan tanpa kedip.

Selain itu, PLN UID Jakarta Raya juga menyiapkan satu unit tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), satu unit mobil crane, lima unit mobil pelayanan teknik (yantek), serta 30 motor yantek disiagakan untuk mengamankan pasokan listrik ke JIS.

FIFA World Cup U17 berlangsung di Indonesia mulai 10 November sampai 2 Desember 2023.

Beberapa stadion di Indonesia terpilih sebagai tempat bertanding laga internasional tersebut, salah satunya Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di kawasan Tanjung Priok.

Menyusul telah diumumkannya lokasi pertandingan FIFA World Cup U17, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya meninjau pasokan listrik untuk memastikan pertandingan tersebut berlangsung lancar.
 
Lasiran bersama Executive Vice President Operasi Distribusi Jamali (EVP ODJ) PT PLN (Persero) meninjau kesiapan kelistrikan jelang pertandingan, Senin.

Inspeksi dilakukan mulai dari pengecekan gardu distribusi, panel instalasi JIS, hingga suplai listrik ke dalam stadion.

Tidak hanya JIS, PLN juga telah menyiapkan kesiapan kelistrikan untuk empat lokasi lain yang menjadi tempat latihan para atlet, di antaranya Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Lapangan ABC GBK, Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, dan juga Lapangan Banteng.
 
“PLN siap menjadi yang terdepan untuk mendukung suksesnya gelaran FIFA World Cup 2023 U-17 yang akan berlangsung di Jakarta nanti,” tandas Lasiran.
Baca juga: "Growlight" untuk bantu proses pertumbuhan rumput lapangan utama JIS
Baca juga: Erick: Timnas U-17 belum tentu bermain di JIS selama Piala Dunia U-17
Baca juga: TransJakarta bangun empat halte BRT baru jelang Piala Dunia U-17

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023