Jakarta (ANTARA) - Dua mantan ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) resmi bergabung Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yaitu Juventus Prima Yoris Kago dan Benidiktus Papa.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyambut bergabungnya Juve dan Beny di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa.

"Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih untuk Bang Beny dan Juve yang sudah bergabung dengan kami di PSI. Semoga awet di sini," kata Kaesang.

Dengan bertambahnya anggota partai, Kaesang berharap PSI bisa mendapatkan kursi legislatif di Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Kaesang tanggapi putusan MK soal potensi Gibran maju jadi cawapres

"Saya berharap dengan bertambahnya dua amunisi baru di PSI, ini bisa mendapatkan kursi di Sulsel dan NTT," tambahnya.

PSI mencatat telah menerima 23 ribu anggota baru sejak Kaesang Pangarep bergabung dan menjadi ketua umum partai berlambang bunga mawar putih itu.

Kaesang pun mengaku partainya tidak menggunakan strategi-strategi khusus untuk menggaet anggota-anggota baru.

"Ini jujur, ya, kami tidak melakukan strategi apa pun. Memang karena mungkin animo teman-teman di sana yang senang dengan bergabungnya saya ke PSI, makanya mereka juga gabung PSI," kata Kaesang.

Baca juga: PSI terima aspirasi 9 organisasi mahasiswa terkait persoalan anak muda

Sementara itu, Juve dan Beny mengungkapkan alasan mereka bergabung dengan partai yang identik dengan anak muda itu.

Bagi Juve, alasannya masuk PSI karena partai itu merepresentasikan kepemudaan dan membawa nilai kebajikan serta keberagaman.

"Yang pertama, tentu sebagai anak muda, saya harus memilih partai yang memang lekat dengan saya, yang betul-betul kemudian memberikan nuansa kemudaan saya, sehingga PSI adalah pilihan yang paling benar, pilihan yang paling tepat," kata Juve.

Baca juga: Kaesang: Lebih senang kalau Gibran masuk PSI

Sementara itu, Beny memutuskan bergabung dengan PSI karena dia menilai partai tersebut tegak lurus dengan Presiden Joko Widodo serta ada kehadiran Kaesang Pangarep di dalamnya.

"Pertama adalah PSI satu-satunya partai mendeklarasikan diri sebagai tegak lurus ke Presiden Jokowi dan itu yang kami lihat di PSI, dan PSI berani mendeklarasikan itu secara terbuka. Ini luar biasa. Tentu saja dengan hadirnya Mas Kaesang di PSI, bagi kami ini adalah arah baru politik Indonesia, karena anak-anak muda ini tak suka dengan politik yang feodal, sehingga kehadiran Mas Kaesang bagi kami, anak-anak muda ini, adalah jalan baru," kata Beny.

Baca juga: Kaesang: putusan MK buka peluang bagi Gibran untuk jadi cawapres

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023