Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2007-2011 Mochammad Jasin mengakui, dirinya diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya sebagai saksi ahli dalam kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Pemeriksaan ini dalam rangka penyidikan atas dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi terhadap pimpinan KPK oleh Polda Metro Jaya," katanya saat dihubungi di Jakarta, Rabu. 

Jasin juga menjelaskan dirinya ditanya soal Pasal 36 dan Pasal 65 Undang-Undang 19 tahun 2019 tentang KPK yang melarang pertemuan pimpinan KPK bertemu dengan orang yang berperkara.

Kemudian ketika dirinya ditanya mengenai foto Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Mentan SYL yang beredar luas, Jasin menjelaskan itu juga termasuk materi yang ditanyakan oleh penyidik.

"Ya, itu termasuk materi yang sedang digarap oleh Polda Metro Jaya. Banyak yang mau diperiksa. Tunggu saja. Misalnya Dewas KPK, nanti bergulir banyak yang akan diperiksa," katanya.

Baca juga: Polisi kembali periksa 19 saksi soal dugaan pemerasan pimpinan KPK

Jasin saat dihubungi sudah selesai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak dalam pesan singkat mengatakan, pemeriksaan terhadap Jasin sudah selesai pukul 13.30 WIB.

"Tadi, mulai pukul 10.30 WIB dan selesai pukul 13.30 WIB," kata Ade. 

Sebelumnya, Mochammad Jasin memenuhi panggilan Polda Metro Jaya sebagai saksi ahli kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).
 
M Jasin mengenakan kemeja batik berwarna biru dengan topi berwarna abu-abu tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 10.16 WIB.

Baca juga: KPK periksa ajudan mantan Mentan SYL soal anggaran dinas

M Jasin langsung menuju ke ruang penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Gedung Promoter melalui kantor Sub Bidprovost untuk menjalani pemeriksaan.
 
M Jasin belum bisa memberikan komentar soal jadwal pemeriksaan Rabu ini.

Saat itu, ia hanya melambaikan tangan dan meminta pers untuk menunggu sambil berjalan ke dalam gedung.

“Nanti nanti,” ucap singkat Jasin sambil berjalan masuk ke gedung.

Baca juga: Saut Situmorang penuhi panggilan Polda Metro Jaya

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023