Tanah Datar (ANTARA News) - Aiman Cahyadi menggeser posisi Bambang Suryadi pada klasemen sementara untuk pebalap Indonesia atau red and white jersey (kaus Merah Putih) Tour de Singkarak (TdS) 2013 setelah mengumpulkan catatan waktu hingga etape III yaitu 11.30.50.

Hasil yang diraih oleh pebalap Timnas Indonesia ini didapat berkat kerja kerasnya dalam menyelesaikan etape terberat dari Padang Panjang menuju Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar, Selasa dengan jarak tempuh 208 km.

Pada etape tiga, Aiman Cahyadi memang terlempar dari 10 besar pebalap yang finis terdepan. Namun hasil yang diraih oleh pebalap yang sebelumnya memperkuat Binong Baru Pessel ini mampu mengatrol posisinya pada klasemen umum untuk kategori pebalap Indonesia.

Ditanya kunci kesuksesannya dalam menyelesaikan etape terberat ini, Aiman Cahyadi mengaku mampu bersaing di Kelok 44 Kabupaten Agam menjadi salah satu kunci sehingga dirinya mampu menyodok ke barisan terdepan.

"Saya coba terus di Kelok 44. Akhirnya saya mampu menyusul yang di depan. Pokoknya terus mencoba," kata Aiman Cahyadi setelah masuk finis di Istano Basa Pagaruyung.

Selepas Kelok 44 yang menjadi ikon Tour de Singkarak, pebalap dengan nomor start 103 ini terus berusaha di depan. Apalagi perlombaan sempat dihentikan. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik untuk istirahat.

Setelah jalan menurun, Aiman Cahyadi mengaku terus bersemangat untuk mengayuh sepedanya meski harus berjalan sendirian. Kondisi ini terus terjadi hingga mendekati KOM keempat. Setelah itu dirinya mulai menangkap pebalap yang berada di depannya.

Setelah bergabung dengan pebalap yang lain, upaya untuk menyelesaikan kejuaraan bagi Aiman dinilai mulai mendapatkan titik terang. Kondisi ini ternyata benar-benar terjadi dan menjadikan dirinya sebagai pebalap Indonesia tercepat di etape tiga ini.

Pebalap Timnas Indonesia yang mampu menyodok ke depan adalah Robin Manulang. Pebalap dengan nomor start 104 ini mampu finis di urutan tiga untuk kategori pebalap nasional dengan waktu 06.00.18. Sedang posisi dua direbut Hari Fitrianto dari CCN dengan waktu 06.00.06.

Dengan hasil ini Bambang Suryadi yang juga dari Timnas Indonesia terlempas dari tiga besar. Untuk posisi kedua secara umum ditempati Robin Manulang dari Timnas Indonesia dengan waktu 11.31.28 dan posisi tiga Hari Fitrianto dengan waktu 11.31.42.

Dengan hasil ini Aiman Cahyadi berhak menggunakan Kaos Merah Putih pada etape berikutnya yaitu dari Sinjunjung menuju Pulau Punjung dengan jarak tempuh 189,5 km.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013