Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) mencatat 30 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan membukukan transaksi hingga Rp7 miliar hingga hari kedua gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Pertamina menyebut angka tersebut akan terus bertambah mengingat pameran TEI 2023  terus berlangsung hingga Minggu (22/10).  Gelaran TEI 2023 dibuka sejak Rabu (18/10).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan Pertamina terus berkomitmen untuk memberdayakan UMKM binaan dengan fokus pada aspek pemasaran, promosi, dan digitalisasi. Harapannya, dapat meningkatkan kapasitas, daya saing, dan kemampuan UMKM untuk bersaing di pasar internasional.

Baca juga: TEI hari kedua catatkan nilai kontrak dagang Rp9,3 triliun

Pertamina juga akan terus meningkatkan partisipasi UMKM binaan dalam pameran baik di dalam maupun di luar negeri melalui ekspansi produk lokal di pasar global.

"Poin pentingnya adalah setelah pameran berakhir tetap ada transaksi penjualan dalam jangka panjang dan semakin diterimanya produk UMKM di pasar global," ucap Fadjar.

Pertamina menyebut salah satu UMKM yang berhasil mencuri perhatian konsumen ialah D'Etnick Istana Mutiara Lombok yang berhasil menjual mutiara sebesar 1,79 kilogram (kg) dengan transaksi senilai Rp1,6 miliar.

"Saya tidak pernah membayangkan akan mendapat transaksi sebesar ini. Bertemu langsung dengan pembeli merupakan salah satu impian semua pelaku usaha untuk bisa menembus pasar global,” ujar Janual Aidi, pemilik D'Etnick Istana Mutiara Lombok.

D'Etnick Istana Mutiara Lombok menghadirkan produk mutiara dari Lombok Timur yang mengusung konsep etnik hingga berhasil mengambil hati pembeli asal Rusia dan Korea. Membawa produk lengkap mulai dari low grade hingga high grade merupakan salah satu trik Janual untuk masuk ke semua pasar.

Baca juga: Jasa Marga hadirkan UMKM binaan di ajang TEI dan SGS

Setelah negosiasi yang dilakukan di-booth UMKM Pertamina TEI 2023 berhasil mencapai kesepakatan, sontak Janual langsung menelepon istrinya untuk mempersiapkan barang sesuai dengan kriteria berat dan diameter yang diinginkan oleh kedua pembeli tersebut. Mutiara seberat 1,79 kg akan dikirim dua hari ke depan untuk quality control.

Sementara  istrinya mempersiapkan barang tersebut, Janual tetap  mencari pembeli lain di-booth UMKM Pertamina TEI 2023.

Fadjar mengungkapkan selain mutiara, sejumlah produk UMKM binaan Pertamina lainnya juga berhasil menarik perhatian para pengunjung pameran seperti rempah dan kuliner khas Nusantara juga berhasil menjadi daya pembeli hingga meraih omzet yang cukup signifikan.

"Diharapkan transaksi akan terus meningkat hingga penutupan pameran," ujar Fadjar

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2023