Beijing (ANTARA) - Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi China Jin Zhuanglong pada Kamis (19/10) menyebutkan bahwa negara tersebut telah membangun jaringan serat optik dan komunikasi seluler terbesar dan berteknologi canggih di dunia.

Skala pusat data China telah berkembang dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata hampir 30 persen selama lima tahun terakhir, kata Jin dalam sebuah forum kerja sama digital China-Afrika.

Dalam beberapa tahun terakhir, China telah mempercepat integrasi teknologi digital dan ekonomi riil. Model-model bisnis baru seperti perdagangan elektronik (e-commerce), pengobatan jarak jauh (telemedicine), dan pertanian digital berkembang dengan pesat, menyuntikkan stimulus baru dalam pertumbuhan ekonomi.

Kerja sama internasional di bidang digital terus diperdalam. Menurut data dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China, negara itu telah menandatangani nota kerja sama di bidang ini dengan lebih dari 10 negara Afrika.

Pihak kementerian akan semakin memperkuat pertukaran dengan negara-negara Afrika di bidang digital, bersama-sama membangun kemampuan pengembangan digital, dan memanfaatkan potensi kerja sama sesuai dengan prinsip-prinsip pasar.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023