Tokyo (ANTARA News) - Kurs dolar merosot terhadap yen di Asia pada Rabu, setelah pidato Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tentang strateginya untuk meningkatkan perekonomian memberikan beberapa kejutan.

Greenback dibeli 99,72 yen dalam perdagangan sore di Tokyo dari 99,98 yen di New York pada Selasa sore, merosot dari posisi pada pagi hari.

Euro juga turun tipis menjadi 130,50 yen dari 130,79 yen. Mata uang tunggal dibeli 1,3090 dolar terhadap 1,3079 dolar di New York.

Abe menyampaikan pidato pada Rabu untuk menguraikan rincian lebih lanjut tentang rencananya mendorong pertumbuhan ekonomi Jepang.

Namun para analis mengatakan pidato itu gagal memicu minat, karena poin-poin utama sudah banyak disebut jauh sebelumnya.

"Saya tidak berpikir itu memiliki dampak yang kuat. Itu sesuatu yang baru dan sejalan dengan apa yang telah dilaporkan," kata Daisuke Karakama, ekonom pasar di Mizuho Corporate Bank.

Pasar sudah tahu bahwa tidak akan ada langkah-langkah drastis seperti pemotongan pajak perusahaan, katanya.

Kebijakan Abe berupa pengeluaran pemerintah aktif ditambah dengan pelonggaran moneter bank sentral Jepang (BoJ) yang agresif mendorong harga saham Tokyo ke tertinggi beberapa tahun, tetapi pasar telah rentan terhadap ayunan liar akhir-akhir ini.

Pada Rabu sore tidak terkecuali, dengan indeks Nikkei 225 turun lebih dari tiga persen dalam perdagangan sore, demikian AFP.

(A026)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013