Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kebakaran yang terjadi di tempat pembuangan akhir (TPA) Tlekung, Batu, Jawa Timur, tengah dalam proses lokalisir oleh tim gabungan dan Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD setempat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis disiarkan di Jakarta, Sabtu, sampai pukul 12.00 WIB  tim gabungan masih berusaha melakukan pemadaman api dengan mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran dibantu oleh para relawan dan warga.

"Selain upaya pemadaman dan pembasahan oleh Dinas Kebakaran, tim gabungan juga membuat sekat bakar agar api tidak merembet ke lahan warga," ujar dia.

Kebakaran melanda TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur pada Jumat, (20/10). Api diketahui warga pada pukul 12.45 WIB berlokasi kebakaran berada di area sebelah selatan.

Baca juga: Gunungan sampah di TPA Tlekung Kota Batu Jatim terbakar
Baca juga: TPA Tlekung Kota Batu dijadikan wadah edukasi pengelolaan sampah


Kendala yang dihadapi tim gabungan yakni cuaca di lokasi kebakaran terpantau cerah dan berangin. Hal ini menjadi kendala tim dalam melaksanakan pemadaman.

"Sampai saat ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran TPA Tlekung. Lokasi TPA Tlekung jauh dari pemukiman warga dan sudah dilakukan sterilisasi wilayah oleh pihak terkait," ujar dia.

Dinas terkait masih melakukan pendataan terkait penyebab kebakaran, dugaan sementara api berasal dari bawah lereng dan merembet ke sisi atas. Petugas juga masih mendata luasan lahan terbakar di TPA Tlekung.

Baca juga: Api TPA Rawakucing kembali berkobar satu unit mobil terbakar
Baca juga: Bupati Tabanan bentuk tim terpadu padamkan api di TPA Mandung
Baca juga: Kebakaran TPA sampah di Bandarlampung meluas, capai tiga hektare

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023