Washington (ANTARA News) - Seorang pejabat senior Amerika Serikat, Jumat, memperingatkan, catatan perlindungan HAM Vietnam memburuk saat ia diminta Kongres memberikan syarat lebih ketat terhadap hubungan hangat kedua negara.

Joe Yun, yang bertindak sebagai asisten menteri luar negeri untuk Asia Timur, mengatakan Amerika Serikat memiliki "pengaruh yang cukup" kepada Vietnam saat mantan musuh dalam perang di masa lalu itu membangun hubungan perdagangan dan keamanan di kawasan itu yang ditandai dengan kebangkitan Cina.

"Kami mengakui bahwa situasi baru-baru ini, jika ada, telah mengalami kemunduran. Tidak ada pertanyaan," kata Yun kepada sub komite Luar Negeri Kongres.

"Perkembangan terakhir telah sangat mengecewakan dan tidak mendukung, tapi saya berkomitmen jika keterlibatan kami, baik dengan masyarakat sipil yang ada di Vietnam serta hubungan ekonomi, hanya akan membantu, "katanya.

Daniel Baer, seorang pejabat Departemen Luar Negeri yang mengadakan pembicaraan pada bulan April mengenai perlindungan hak asasi manusia di Hanoi, mengatakan bahwa Vietnam menahan lebih dari 120 tahanan politik dan menyuarakan kewaspadaan terkait penindakan keras negara komunis itu di internet.

Anggota Kongres Ed Royce, ketua Komite Urusan Luar Negeri Kongres, mencatat bahwa Vietnam menjatuhkan hukuman penjara kepada dua anak muda yang membagikan selebaran - Nguyen Phuong Uyen dan Dinh Nguyen Kha - hanya satu bulan setelah Baer mengadakan dialog tentang hak asasi manusia di Hanoi.

"Ada banyak hal yang diminta oleh Vietnam dari Amerika Serikat," kata Royce, seorang perwakilan dari Partai Republik yang distriknya di California selatan memiliki banyak masyarakat Amerika Serikat keturunan Vietnam.

"Adalah hal yang tidak bertanggung jawab bagi Amerika Serikat yang memiliki keuntungan jika pihaknya tidak melakukan tindakan yang sesuai dengan kata-kata kita tentang hal ini, "katanya.

Anggota Kongres Gerry Connolly, perwakilan dari Partai Demokrat Presiden Barack Obama, memperingatkan bahwa Kongres bisa menolak inisiatif perdagangan pemerintah, Kemitraan Trans-Pasifik, tanpa adanya perbaikan pada catatan hak asasi manusia Vietnam.

Vietnam adalah satu di antara 12 negara yang terlibat atau dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam pembicaraan

Kemitraan Trans-Pasifik, yang telah diupayakan Obama untuk menciptakan satu set peraturan di seluruh wilayah yang tengah tumbuh itu.

(G003/M014)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013