Mexico City (ANTARA News) - bintang-bintang muda Meksiko dipimpin penyerang Manchester United Javier Hernandez berharap meraih Piala Konfederasi kedua di Brazil, meski mereka harus melalui jalan berat untuk bisa lolos ke Piala Dunia.

Meksiko ambil bagian pada lima dari delapan turnamen sebelumnya berkat dominasi mereka pada Piala Emas CONCACAF, dan mereka menjadi juara pada 1999 ketika mengalahkan seteru abadi Brazil dengan 4-3.

Mereka memulai perjuangannya di Rio de Janeiro pada 16 Juni melawan runner-up Piala Eropa, Italia, sebelum menghadapi tuan rumah Brazil pada 19 Juni di Fortaleza dan mengakhiri fase grup melawan Jepang pada 22 Juni.

Meksiko dihuni sejumlah pemain muda termasuk dua gelandang Giovani Dos Santos dan Andres Guardado yang bermain di Spanyol dan merupakan bagian dari tim yang memenangi medali emas Olimpiade London tahun lalu setelah mengalahkan Brazil di final.

Satu nama besar absen dari tim yaitu Carlos Vela, mantan penyerang Arsenal, yang bersinar di Spanyol bersama Real Sociedad namun memiliki hubungan buruk dengan federasi sepakbola negaranya sejak 2011.

Pelatih Meksiko Jose Manuel de la Torre memutuskan tetap mencoret sang pemain dengan alasan pemain 24 tahun itu "tidak memiliki komitmen untuk terlibat di tim nasional untuk saat ini."

Meksiko juga tidak akan diperkuat penyerang Oribe Peralta, pahlawan Olimpiade yang sedang dililit cedera.

Moral Meksiko akan terungkit setelah pekan ini menang 1-0 atas Jamaika pada kualifikasi Piala Dunia di Kingston yang adalah kemenangan pertama mereka setelah tiga kali bermain imbang.

Meksiko masih memiliki dua pertandingan kualifikasi bulan ini, menghadapi Panama dan Kosta Rika pada 11 Juni, sebelum empat pertandingan terakhir dimainkan pada September dan Oktober, termasuk pertandingan penting melawan Amerika Serikat, demikian AFP.

(H-RF/A008)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013