Jakarta (ANTARA News) - Pada laga malam ini, skuad asuhan Jacksen F Thiago tidak mengenakan jersey kebesaran merah putih, melainkan jersey putih strip hijau, pada laga persahabatan di GBK Senayan Jakarta, Jumat.

Keputusan ini membuat pendukung Indonesia merasa kecewa lantaran Indonesia sebagai tuan rumah, justru harus mengalah untuk Belanda yang statusnya sebagai tim tamu.

"Seharusnya pihak promotor sudah tahu bagaimana peraturannya kalau tuan rumah rumah itu harusnya pake jersey home," ujar Hidayat, seorang pendukung timnas Indonesia.

"Kalau memang ada kesepakatan antara KNVB sama promotor, ya mau bagimana lagi, dari pada Indonesia ngotot tapi Belanda batal tampil," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan pendukung timnas lainnya, Andi. Menurut dia, seharusnya Indonesia selaku tuan rumah memakai jersey home yaitu merah putih. "Kalau memang ada deal-dealan antara KNVB sama promotor sebaiknya diusahakan Indonesia memakai jersey home," kata dia.

Promotor sendiri, pada beberapa waktu lalu, mengaku memilih Belanda untuk menggunakan kostum oranye karena alasan komersial.

Dan hal tersebut sudah dikomunikasikan dengan PSSI. Namun, karena di tubuh PSSI berganti kepengurusan, pihak promotor mengaku kesulitan berkomunikasi sehingga akhirnya Belanda diputuskan mengenakan jersey oranye.(*)

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013