Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan hingga kini investasi yang masuk di sektor parekraf mencapai 70 persen dari target yang ditetapkan yakni 8 miliar dolar Amerika Serikat (AS) hingga tahun 2025.
 
“Total investasi yang sudah masuk sekarang sesuai target, memang cukup tinggi target yang disampaikan. Kita menghitung sudah mencapai 70 persen lebih yang tercapai untuk tahun ini,” kata Sandiaga saat ditemui di Jakarta, Selasa.
 
Dia juga mengajak para investor asing dan dalam negeri untuk berinvestasi di Indonesia meski telah memasuki tahun politik, pasalnya komitmen pemerintah terhadap penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas korupsi mampu memberikan kelancaran proses investasi.
 
“Jadi kami sangat optimis investasi akan tetap masuk ke Indonesia di sektor parekraf, dan target yang kami canangkan akan tercapai untuk penciptaan lapangan kerja sebesar 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024,” ujarnya pula.
 
Menparekraf Sandiaga Uno menargetkan investasi masuk ke Indonesia sebesar 6 hingga 8 miliar dolar AS atau sekitar Rp89 triliun hingga Rp119 triliun (asumsi Rp14.900 per dolar AS) untuk sektor parekraf.
 
"Kalau diagregasi 6 hingga 8 miliar dolar AS dan lapangan kerja yang bisa diciptakan itu untuk (target) 4,4 juta lapangan kerja yang ingin kita ciptakan beberapa tahun ke depan," ujar Sandiaga lagi.
 
Adapun dalam diskusi Kemenparekraf dengan sejumlah investor dari luar dan dalam negeri itu, Sandiaga mengungkapkan investasi yang diterima rencananya akan disalurkan untuk membuka akomodasi hotel berkualitas bintang lima di kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) dan 10 destinasi pariwisata prioritas.
Baca juga: Menparekraf: Target investasi ke Indonesia sebesar 8 miliar dolar AS
Baca juga: Menparekraf: Investasi di Danau Toba capai Rp600 miliar

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023