Jakarta (ANTARA News) - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto mengatakan Ketua MPR RI Taufiq Kiemas adalah seorang negarawan yang gigih membangkitkan kesadaran kolektif bangsa terhadap pentingnya kebangsaan Indonesia.

"Beliau (Taufiq Kiemas) berkontribusi luar biasa kepada bangsa Indonesia dengan mengetengahkan kembali Pancasila dan UUD 1945, serta membawa kembali diskursus tentang nilai-nilainya," kata Endriartono Sutarto melalui surat elektronik, di Jakarta, Minggu.

Panglima TNI pada era Presiden Megawati Soekarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini juga menilai Taufiq Kiemas adalah politisi ulung yang menampilkan cara berpolitik yang sangat dewasa dan patut diteladani.

"Pak Taufiq Kiemas adalah seorang politisi dengan rekam jejak panjang. Belakangan beliau bertransformasi menjadi seorang negarawan sejati," katanya.

Tidak hanya itu, Endriartono juga memandang Taufiq sebagai sosok yang bergaul dengan segala kalangan, sangat mampu memisahkan hubungan pribadi dan urusan politik dan senantiasa menampilkan sikap sebagai seorang pemersatu.

Taufiq Kiemas, ujarnya, selalu berusaha keras untuk dapat menjembatani dan mencairkan perbedaan yang terjadi di antara elemen masyarakat.

Upaya Taufiq Kiemas tersebut, menurut dia, didorong oleh keinginan untuk mewujudkan persatuan agar energi bangsa ini dapat dimaksimalkan dalam menangani permasalahan bersama sebagai bangsa.

"Selamat jalan Pak Taufiq Kiemas, sikap hidupmu begitu anggun, bhaktimu sungguh sangat besar bagi bangsa ini. Semoga lapang jalanmu menuju ke haribaan Allah SWT dan mendapatkan tempat yang mulia di sisi-Nya. Aamiin," kata Endriartono.




Pewarta: Riza Harahap
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013