Budapes (ANTARA News) - Air Sungai Danube mencapai ketinggian 863 centimeter pada Sabtu sore, memecahkan rekor tertinggi 860 centimeter yang tercatat pada 2006, kata Kantor Penanganan air di Kementerian Dalam Negeri.

Air sungai tersebut masih terus naik dan diperkirakan baru berhenti pada Senin dengan ketinggian mendekati sembilan meter.

Wali Kota Budapes Istvan Tarlon sebelumnya mengatakan tanggul sungai di kota itu masih bisa menahan ketinggian air sampai 930 centimeter tanpa mengakibatkan kerusakan.

Sementara itu, Budapes tersebut telah mendirikan satu fasilitas di taman bermain permanen --yang mampu menampung untuk sementara hampir 15.000 pengungsi banjir, apabila diperlukan.

Roman Embankment, permukiman di pinggir sungai di Budapes Barat-laut, adalah bagian paling rentan di kota tersebut, kata Xinhua.

Selokan sementara telah diperkuat sementara kemungkinan kebocoran telah diperiksa, penghalang banjir sudah mulai dibangun.

Sebanyak 200 orang bertugas di sepanjang jalur banjir, dan bersiap melakukan perbaikan darurat jika diperlukan.

Dalam perkembangan lain, Pest County --wilayah di sekitar Budapes-- telah menutup Route 11, jalan raya utama yang berdampingan dengan Sungai Danube dan menghubungkan Ibu Kota Hongaria dengan pinggiran utaranya.

Penutupan tersebut, yang dilaporkan oleh Pemerintah Pest County, ialah untuk mencegah rombongan wisatawan terjebak banjir dan menghalangi pekerja yang berusaha melindungi kota kecil bersejarah Szentendre, tepat di sebelah utara Ibu Kota tersebut.

Saluran air sementara ambruk di Tahitothfalu, sebelah utara Szentedre, pada Sabtu pagi dan mengakibatkan 50 rumah terendam air, tapi penghalang kedua telah dibuat dan diperkirakan bisa menahan arus air.


Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013