Madrid (ANTARA News) - Gelandang Barcelona Xavi Hernandez yakin bahwa sepak terjang Jose Mourinho telah menodai Real Madrid. Manajer berjuluk "The Special One" itu justru memberi dan menyodorkan dampak negatif bagi "filosofi sepak bola" Galacticos.

Xavi menyatakan Real Madrid di bawah arahan Mourinho justri mengalami kemunduran, sebagaimana dikutip dari situs ESPN.

Xavi menunjuk bahwa Mourinho tidak bisa lepas tanggungjawab dengan situasi terpuruk yang kini dialami Real Madrid. Barcelona unggul 15 poin dari Real Madrid.

Pemain timnas Spanyol itu menyorot sikap dan taktik yang diterapkan Mourinho di Bernabeu. Untuk itu, Los Blancos perlu melakukan perombakan besar-besaran jika memang ingin meraih gelar juara La Liga di musim depan.

"Saya tidak ingin orang berpikir bahwa saya selalu menyerang Mourinho. Ini bukan tujuan saya. Sesungguhnya saya hanya tidak suka dengan cara dia menerapkan taktik bagi tim di lapangan," kata pemain berusia 33 tahun itu.

"Klub besar tidak akan memainkan gaya sepak bola seperti yang diterapkan Mourinho di Madrid. Kami menang, imbang dan kalah.  Semuanya itu terpulang kepada filosofi sepak bola yang diterapkan dalam klub. Hasilnya terang benderang, menang atau kalah," kata Xavi.  

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013