Austin (ANTARA) - Raksasa komputer Lenovo Group pada Selasa (24/10) meluncurkan sebuah visi komprehensif "AI untuk Semua" (AI for All) dalam konferensi Tech World 2023 yang digelar di Austin, Texas, sembari memperdalam kerja sama dengan mitra-mitra global utamanya.

Perusahaan tersebut sedang mengerjakan infrastruktur yang siap pakai dan dioptimalkan untuk kecerdasan buatan (AI) generasi berikutnya guna menghadirkan AI yang kuat, disesuaikan, terukur, dan hemat energi kepada para pelanggan di seluruh dunia melalui pendekatan hybrid.

"Acara ini juga merupakan perayaan kemitraan dengan para pemimpin utama di era AI," ujar Chairman sekaligus CEO Lenovo Yuanqing Yang dalam sambutannya.

"Bersama-sama, kita melepaskan kekuatan AI untuk membantu membangun dunia yang lebih cerdas, lebih inklusif, dan berkelanjutan," katanya.

Lenovo berencana menghadirkan industri dengan teknologi AI terdepan ke berbagai organisasi dari beragam ukuran, sebut Yang kepada para partisipan, seraya menambahkan bahwa perusahaan itu meyakini model yayasan publik, swasta, dan pribadi akan hidup berdampingan untuk memungkinkan visi AI untuk Semua.

Di atas panggung, Yang dan Jensen Huang, pendiri sekaligus CEO raksasa komputer AS NVIDIA, mengumumkan sebuah kemitraan yang diperluas dengan solusi hybrid baru dan kolaborasi teknik untuk menghadirkan kekuatan AI generatif ke setiap perusahaan.

Melalui kolaborasi ini, Lenovo dan NVIDIA akan menciptakan sistem generasi berikutnya berdasarkan desain referensi modular MGX NVIDIA yang fleksibel untuk menghadirkan berbagai solusi yang kuat dan aman bagi beban kerja AI generatif yang paling berat, membantu bisnis mengimplementasikan keputusan kognitif dalam skala besar dengan platform NVIDIA Omniverse.

"Dengan AI generatif yang mendorong transformasi teknologi terbesar di masa kini, sejumlah perusahaan mencari solusi yang memberikan mereka fleksibilitas untuk mengembangkan dan mengerahkan beban kerja di seluruh stasiun kerja, pusat data, dan cloud mereka," ujar Bob Pette, wakil presiden Enterprise Platforms di NVIDIA.

"NVIDIA dan Lenovo menyediakan sebuah portofolio komprehensif dari sistem AI hybrid yang dapat diandalkan oleh para pelaku bisnis untuk mendukung AI generatif secara virtual dari mana saja," katanya.

Melalui video, Chairman sekaligus CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan bahwa kemitraan jangka panjang perusahaannya dengan Lenovo sangatlah penting.

"Selama bertahun-tahun, kami menyatukan perangkat dan layanan Lenovo dengan kekuatan teknologi untuk membantu para pelanggan di seluruh dunia," ujar Nadella.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023