Beijing (ANTARA) - Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial China menyebutkan bahwa pasar kerja negara itu secara umum tetap stabil, dengan 10,22 juta pekerjaan baru di perkotaan ditambahkan dalam sembilan bulan pertama 2023.

China menetapkan target tahunan untuk menciptakan 12 juta pekerjaan baru di perkotaan selama setahun penuh pada 2023.

Kementerian itu menyebutkan bahwa pada September lalu, tingkat pengangguran perkotaan tersurvei di negara tersebut mencapai 5 persen. China bertujuan untuk mempertahankan tingkat pengangguran perkotaan tersurvei di sekitar 5,5 persen pada tahun ini.

"Situasi ketenagakerjaan secara umum tetap stabil," kata juru bicara kementerian tersebut Chen Feng dalam sebuah konferensi pers.

Dia menambahkan bahwa semua indikator ketenagakerjaan masih sesuai dengan ekspektasi.

Chen mengatakan bahwa pemerintah telah meningkatkan upaya-upaya dalam memprioritaskan pekerjaan guna menstabilkan dan memperluas lapangan kerja, dengan langkah-langkah konkret termasuk menawarkan pelatihan kejuruan, meningkatkan layanan, dan memberikan subsidi kepada perusahaan-perusahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Menurut dia, dalam sembilan bulan pertama tahun 2023, sekitar 80,9 miliar yuan (1 yuan = Rp2.179) atau sekitar 11,27 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.939) diberikan dalam bentuk subsidi untuk meningkatkan lapangan pekerjaan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023