Tanjung Selor (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara meluncurkan Program Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) Provinsi dan Gebyar Pengasuhan 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) yang dihadiri delegasi Pemerintah Indonesia dan Australia.

“Saya senang karena Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi salah satu dari delapan provinsi terpilih jadi lokus program SKALA,” kata Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang di Tanjung Selor, Senin.

SKALA adalah program kemitraan Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia yang dijalankan bersama Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan.

Baca juga: Program kemitraan Australia-Indonesia SKALA diluncurkan di Gorontalo

Gubernur menjelaskan program SKALA bertujuan menguatkan Pemerintah Daerah melalui empat tema utama, yaitu manajemen keuangan publik serta standar pelayanan minimal dalam perencanaan dan penganggaran.

Selanjutnya, kebijakan berbasis bukti dan analisa serta pengarusutamaan kesetaraan gender, disabilitas, dan inklusi sosial.

Berdasarkan tujuan penguatan tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berharap SKALA mampu mendukung menghasilkan tata kelola pemerintah yang makin kokoh melalui penguatan perencanaan, kualitas penganggaran dan belanja, khususnya bagi penyediaan layanan dasar.

“Layanan dasar itu terutama bagi masyarakat miskin, kelompok disabilitas, perempuan, dan kelompok rentan lainnya,” ujarnya.

Gubernur mengatakan layanan dasar, khususnya pada aspek kesehatan, terdapat isu penting yang perlu menjadi perhatian bersama, yaitu upaya percepatan penurunan stunting.

Baca juga: Pemprov NTT luncurkan program skala kemitraan dengan Australia

Baca juga: Kaltara berhasil menekan angka prevalensi stunting 5,4 persen


Angka prevalensi stunting Kalimantan Utara saat ini pada kisaran 17,5 persen. Artinya, kata Gubernur Zainal, masih harus meningkatkan intervensi untuk menurunkan stunting sesuai target Pemerintah Pusat, yaitu menjadi 14 persen pada 2024.

Sebagai salah satu upaya intervensinya adalah selain peluncuran program SKALA, juga dilaksanakan Gebyar Pengasuhan 1.000 HPK, yang tujuannya meningkatkan pemahaman ibu hamil dan keluarga yang memiliki bayi di bawah usia dua tahun.

Periode 1000 HPK adalah periode mulai hamil (9 bulan = 270 hari) sampai dengan anak usia dua tahun (24 bulan = 730 hari).

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2023