Budapest (ANTARA) - Dalam beberapa tahun terakhir, Hongaria mencatat lonjakan minat terhadap Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine/TCM), sebagaimana ditunjukkan oleh keberhasilan ajang "Konsultasi Gratis Hari TCM Sedunia 2023".

Acara ini, yang digelar pada 27 dan 28 Oktober di BOK Hall di Budapest, sukses menarik kedatangan banyak warga Hongaria yang ingin merasakan manfaat TCM.

"Tiga tahun lalu saya datang ke sini, tetapi waktu itu terlalu ramai dan saya tidak bisa masuk. Jadi, hari ini saya datang lebih awal untuk mengantre," kata Marika Varga, seorang wanita berusia 65 tahun yang menempuh perjalanan dari Szekesfehervar di Hongaria tengah ke Budapest demi mengikuti acara tersebut, lapor Xinhua pada Senin.

Konsultasi itu diselenggarakan oleh Asosiasi TCM Eropa Tengah dan Timur bersama Pusat TCM Qihuang Hongaria (Pusat Qihuang) sebagai bagian dari Senior+ Expo 2023, pameran untuk warga lanjut usia di Hongaria.

Tujuh ahli TCM, yang didampingi juru bahasa, melayani lebih dari 500 penanya dan pasien dalam acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, menawarkan diagnosis, pencegahan, dan rencana pengobatan.

Meningkatnya minat terhadap TCM juga terlihat jelas di kalangan tenaga profesional kesehatan dan juru bahasa seperti Katalin Hornyak, yang mengatakan bahwa stan TCM adalah stan yang paling populer di pameran tersebut karena menawarkan pendekatan holistik terhadap kesehatan, berbeda dengan pengobatan Barat yang sering kali hanya menangani gejala.
 
   


Lebih dari 2.200 peserta juga berkesempatan untuk menikmati teh herbal China, yang semakin meningkatkan pengalaman TCM mereka.

Piroska Molnar (63) dari Kota Matrafured di Hongaria utara datang untuk berkonsultasi bersama suaminya, yang pernah melihat Chen Zhen, presiden Asosiasi TCM Eropa Tengah dan Timur sekaligus kepala Pusat Qihuang, di televisi.

Kondisi kesehatan Molnar dan suaminya baik, namun mereka ingin meminta saran Chen mengenai pencegahan penyakit.

"Karena (TCM) ini jauh lebih bersahabat, lebih personal dan holistik (berkonsentrasi pada jiwa), sehingga jauh lebih menguntungkan bagi kami," ujar Molnar usai melakukan konsultasi.
 
   


Hornyak sangat terkesan dengan ketelitian dan kepedulian para dokter asal China. "Dokter-dokter dari China sangat peduli dan menanyakan kondisi pasien secara terperinci. Mereka bekerja keras untuk membantu pasien memecahkan masalah," tambahnya.

Zhang Haifang, seorang ahli dari Provinsi Gansu di China yang bergabung dengan Pusat Qihuang pada Januari, menuturkan bahwa dia terkejut dengan tingginya jumlah pengunjung yang berpartisipasi. "Orang-orang terus berdatangan ke sini. Saya telah melakukan konsultasi kesehatan untuk 30 atau 40 pasien hari ini," katanya.

"Pengetahuan dan filosofi pencegahan kesehatan dari TCM telah memberikan manfaat kesehatan yang nyata bagi penduduk setempat dan semakin mempererat persahabatan antara kedua negara," imbuh Chen, yang telah mengadakan konsultasi TCM gratis di Hongaria selama 18 tahun.




 

Pewarta: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2023