Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Emeli Sande mendapat gelar kehormatan dari University of Glasgow.

Penyanyi asal Inggris itu meraih Doctor of the University (DUniv) atas kontribusi cemerlangnya terhadap industri musik. Sande sebelumnya juga mengenyam pendidikan di universitas tersebut. Ia meraih gelar dalam bidang ilmu saraf yang dipelajarinya antara 2006-2009.

"University of Glasgow sangat bangga mengetahui kontribusi besar Emeli Sande dalam musik, baik di Inggris Raya maupun dunia dengan memberinya gelar kehormatan," kata Panitera Senat dan Wakil Kepala University of Glasgow, Profesor John Briggs, seperti yang ikutip dari BBC.

Tahun 2012, Emeli Sande tampil pada pembukaan dan penutupan Olimpiade London. Ia juga telah menghasilkan tiga single dari album perdananya, "Our Version of Events". Album itu telah terjual sebanyak 1,5 juta copy hanya di Inggris Raya.

Tanggal 26 Mei lalu, "Our Version of Events" keluar dari 10 besar Official Album Chart Inggris Raya setelah selama 66 minggu berturut-turut berada di sana.

Selain sukses dalam solo, Emeli Sande juga menulis lagu untuk berbagai bintang seperti Rihanna, Leona Lewis, Cheryl Cole, dan Susan Boyle.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013