Padang (ANTARA News) - Para sarjana lulusan teknik industri memiliki prospek kerja yang cerah, karena ilmu dan keahlian sangat dibutuhkan pada sektor usaha manufaktur, baik untuk kebutuhan tingkat produksi hingga direksi.

Ketua Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta (UBH), Yesmizarti Muchtar, di Padang, Jumat, mengatakan salah satu lapangan kerja yang sangat prospektif dalam lima tahun mendatang adalah di sektor teknik industri.

Ia menjelaskan, secara klasik para sarjana lulusan teknik industri adalah para calon tenaga kerja yang telah dibekali keahlian dan keterampilan untuk melayani sektor manufaktur.

Kebutuhan lapangan kerja seperti itu harus jeli diketahui oleh para calon mahasiswa sebelum memilih jurusan dan bidang keilmuan di perguruan tinggi, tambahnya.

Yesmizarti mengatakan, untuk lulusan teknik industri deksripsi kerjanya adalah memastikan jalannya produksi dan operasi secara efisien dan efektif hingga mendapatkan sebuah sistem produksi atau operasi industri yang terbaik.

Pekerja ini mencakup bagaimana mengevaluasi standar waktu kerja untuk menyeimbangkan antara kemampuan manusia normal dengan tuntutan organisasi, tambahnya.

Kemudian merancang bagaimana cara kerja manual terbaik dengan memastikan sebuah desain kerja dapat mengoptimalkan kemampuan manusia dan hukum, serta merancang dan memperbaiki lay out baik dari pabrik maupun stasiun kerja.

Pewarta: Hendra Agusta
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013