Beijing (ANTARA) - Aktivitas nonmanufaktur China mempertahankan ekspansi pada Oktober, berkat pemulihan sektor jasa serta kuatnya industri konstruksi, tunjuk data resmi pada Selasa (31/10).

Indeks manajer pembelian untuk sektor nonmanufaktur di negara itu berada di angka 50,6 pada Oktober, menurut Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China.

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara angka di bawah 50 mencerminkan kontraksi.

Ahli statistik senior NBS Zhao Qinghe mengatakan sektor jasa mencatatkan perkembangan pesat, yang didorong oleh pariwisata dan konsumsi selama liburan Hari Nasional China. Selain itu, industri konstruksi juga mencatatkan ekspansi.

Subindeks untuk sektor jasa mencapai 50,1 pada Oktober. Secara khusus, aktivitas bisnis di bidang transportasi, akomodasi, dan katering berada jauh di atas angka 55.

Sektor konstruksi mempertahankan pertumbuhan pesat pada bulan ini dengan subindeks aktivitas bisnis mencapai 53,5, tutur Zhao.

Subindeks yang mengukur ekspektasi terhadap aktivitas di sektor ini berada di angka 61,4, yang menunjukkan optimisme di kalangan perusahaan konstruksi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023